Jenis-Jenis Yoga: Pelajari Sesuai dengan Kebutuhanmu!

Seiring berkembangnya zaman, minat orang-orang untuk melakukan yoga semakin tinggi. Salah satu faktor di balik banyaknya peminat yoga adalah banyaknya jenis-jenis yoga yang menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Jadi, para peminat yoga dapat menyesuaikan kebutuhan mereka dengan jenis-jenis yoga yang ada. Banyaknya jenis yoga ini juga dapat memacu semangat para pegiat yoga untuk mencoba berbagai jenis yoga untuk memuaskan rasa penasaran mereka akan sensasi yoga yang berbeda-beda setiap jenisnya.


Sebagai salah satu pelopor yoga terdepan di Indonesia, Namata LaVinaya juga menawarkan berbagai jenis yoga yang berbeda-beda di setiap kelasnya. Maka, para member Namata LaVinaya akan memperoleh banyak benefit dari mengikuti kelas-kelas yang selalu berbeda jenis di setiap kelasnya. Lantas apa saja jenis-jenis yoga yang dapat para member coba? Yuk simak artikel ini agar para member tak bingung lagi untuk memilih jenis yoga yang cocok dengan kebutuhan masing-masing!


Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Yoga vs. Pilates


Hatha Yoga

“Hatha” dalam bahasa Sansekerta berarti kekuatan yang dianggap sebagai "ibu" dari semua latihan yoga. Oleh karena itu, hatha yoga termasuk jenis yoga dengan teknik-teknik yang paling mendasar dan sangat umum di kalangan masyarakat. Jenis yoga ini berfokus pada latihan dasar-dasar dari yoga seperti latihan postur dan pernafasan. Hatha yoga sangat cocok untuk para pemula yang baru ingin mengenal yoga dan belajar dari nol.


Iyengar Yoga

Iyengar yoga merupakan salah satu jenis yoga yang berfokus untuk meningkatkan intensitas dalam melakukan pose, yaitu bagaimana cara menahan pose dalam yoga. Yoga jenis ini cocok bagi orang-orang yang ingin belajar melakukan pose yoga dengan stabil dan juga melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh. Jenis yoga ini juga kerap melibatkan alat-alat bantu yoga seperti yoga belt dan juga yoga block. Untuk para member yang berminat untuk mencoba Iyengar Yoga dan membutuhkan bantuan dari alat, dapatkan alat-alat bantu tersebut dengan kualitas premium di sini!


Vinyasa Yoga

Yoga jenis vinyasa mengedepankan kedinamisan gerakan yoga dan memiliki tempo yang cepat. Koordinasi otot, pernafasan, dan postur sangat krusial dalam latihan yoga ini untuk menjaga kedinamisan flow antar pose. Gerakan-gerakan yang ada dalam yoga ini juga seringkali menantang sehingga memaksimalkan fungsi otot tubuh, seperti otot lengan, perut, dan juga otot punggung. Vinyasa yoga cocok bagi orang-orang yang ingin melakukan yoga dengan cara yang lebih dinamis, menantang, dan memiliki keinginan untuk menguatkan otot tubuh.


Prenatal Yoga

Sesuai dengan namanya, prenatal yoga merupakan yoga khusus bagi para ibu hamil. Gerakan-gerakan yoga yang ada dalam prenatal yoga cenderung lebih fokus untuk membantu para ibu hamil melewati masa kehamilan yang penuh dengan stres dan membutuhkan ketenangan. Prenatal yoga juga dapat membantu para ibu hamil untuk melancarkan proses persalinan nantinya ketika akan melahirkan dengan gerakan-gerakan yang membantu menyesuaikan posisi janin di dalam kandungan. Tentunya, Namata LaVinaya juga memiliki beberapa jadwal kelas prenatal yoga setiap minggunya yang dapat para member ikuti di sini.


Bikram Yoga

Untuk orang-orang yang ingin membakar kalori dengan efektif agar dapat menurunkan kadar lemak tubuh, maka bikram yoga adalah solusinya. Bikram yoga memiliki dua rangkaian pernapasan dan 26 gerakan yang dilakukan dalam ruangan panas dengan suhu kurang lebih 40,6 derajat Celcius dan kelembaban sekitar 40 persen. Dengan ini, orang-orang yang melakukan bikram yoga dapat merasakan sensasi terbakarnya kalori dan lemak di tubuh melalui produksi keringat yang signifikan dalam kelas ini. Tak hanya membakar kalori dan lemak, bikram yoga juga dapat membuang racun yang ada di dalam tubuh melalui keringat dan dapat membuat tubuh terasa lebih ringan.


Face Yoga

Tidak seperti yoga pada umumnya yang menggerakkan seluruh tubuh, face yoga hanya melibatkan otot-otot wajah itu sendiri dan menggunakan tangan serta alat lain untuk melakukan gerakan tersebut. Namun, yoga jenis ini hanya melibatkan gerakan pada wajah dengan melanjutkan berbagai latihan pernapasan yang dikombinasikan dengan pijatan dan peregangan pada wajah. Face yoga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah di wajah, mengencangkan otot-otot wajah yang kendur, dan membuat wajah tampak segar dan awet muda. Untuk membuat para member tersenyum dengan wajah yang glowing, Namata LaVinaya juga menawarkan tutorial video face yoga dengan akses kapan saja dan di mana saja, segera cek di sini, yuk!


Yin Yoga

Yin yoga merupakan salah satu jenis yoga yang tak terlalu banyak melakukan gerakan di setiap sesinya. Setiap gerakan dilakukan dengan pelan dan tak terburu-buru dan memberikan efek menenangkan pada yang mengikutinya. Yin yoga cenderung berfokus pada spiritualitas, kedamaian pikiran, dan relaksasi dengan pose-pose yang simpel seperti duduk dan berbaring. Yoga jenis ini cocok untuk diikuti orang-orang yang ingin melepas stres, meningkatkan kualitas tidur, dan melancarkan peredaran darah.


Kundalini Yoga

Menggabungkan komponen fisik dan mental, jenis yoga ini menggabungkan pose dengan teknik pernapasan dinamis, meditasi, dan pembelajaran mantra untuk meningkatkan vitalitas fisik dan kesadaran diri. Dalam kundalini yoga, terdapat istilah 'kriya' yang merupakan gerakan berulang yang disinkronkan dengan pernapasan. Kundalini yoga membantu menghasilkan energi di ujung bawah tulang belakang untuk membantu fokus pada pernapasan berulang dan pergerakan energi ke seluruh tubuh.


Power Yoga

Juga dikenal sebagai ashtanga yoga, yoga jenis ini juga termasuk sebagai jenis yoga dengan gerakan-gerakan yang menantang. Yoga ini melibatkan fungsi otot seluruh tubuh dan juga teknik pernafasan dalam 6 seri postur yoga yang dilakukan berulang kali. Selain untuk menguatkan dan mengencangkan otot, yoga ini juga berfungsi untuk membakar lemak di tubuh dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh melalui keringat. Jenis yoga ini cocok untuk orang-orang yang terbilang atletis dan menyukai ritme latihan yoga selayaknya latihan fisik pada olahraga lain yang lebih keras sifatnya.


Inilah beberapa jenis dari yoga yang dapat dicoba untuk memperoleh manfaat yang berbeda-beda. Tentunya, masih banyak lagi jenis yoga yang dapat para member explore lagi untuk memperoleh pengalaman yoga yang memuaskan. Kira-kira seperti apa saja sensasi mengikuti kelas-kelas yoga dengan jenis yang berbeda-beda? Ikuti kelas-kelas yoga di Namata LaVinaya setiap minggunya dan temukan jawabannya!


Referensi:

https://voi.id/lifestyle/60806/9-macam-yoga-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan

https://hellosehat.com/kebugaran/kelenturan/jenis-yoga/

https://www.gramedia.com/literasi/yoga/

https://www.tokopedia.com/blog/macam-jenis-yoga-dan-manfaatnya/

https://namatalavinaya.com/blogs/news/mempercantik-tampilan-wajah-dengan-face-yoga

Shop now

You can use this element to add a quote, content...